Petunjuk Penggunaan LAPOR!

Terima kasih atas kunjungan Anda ke situs LAPOR!. Bantuan informasi umum dan tata cara penggunaan LAPOR! dapat Anda peroleh dihalaman ini. Jika Anda mempunyai pertanyaan lebih lanjut mengenai LAPOR! atau ingin menyampaikan informasi, saran dan keluhan yang dapat memperbaiki fitur-fitur dan kinerja LAPOR!, silakan mengisi formulir kontak dihalaman kontak kami.



Cari Petunjuk lapor

CARI PETUNJUK



Informasi umum lapor

INFORMASI UMUM

  • Bagaimana saya dapat mengakses LAPOR!?
  • Pengguna mengakses LAPOR! melalui situs web http://lapor.ukp.go.id, melalui SMS 1708 dan/atau melalui mobile applications di sistem operasi Android dan BlackBerry.
  • Perangkat apa yang saya butuhkan untuk mengakses situs web LAPOR!?
  • Untuk mengakses situs web LAPOR!, perangkat yang dibutuhkan adalah:
    • Komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows, Linux atau MacOS yang dapat terhubung dengan koneksi internet,
    • Koneksi internet,
    • Browser Mozilla Firefox versi 4.0 ke atas, Google Chrome versi 10.0 ke atas, atau browser lainnya. Tampilan situs web LAPOR! paling baik terdapat pada browser Mozilla Firefox.
  • Apakah ada biaya yang harus saya tanggung dalam penggunaan LAPOR!?
  • Penggunaan LAPOR! adalah gratis jika mengirimkan laporan melalui situs web http://lapor.ukp.go.id. Untuk pengiriman melalui SMS 1708, akan dikenakan biaya SMS normal tergantung pada masing-masing operator pengguna. Balasan otomatis untuk pertama kali dikenakan biaya normal kepada pelapor. Untuk setiap notifikasi ataupun balasan lain untuk pendalaman substansi laporan yang diterima oleh pengguna, tidak ada biaya yang dikenakan atau gratis.
  • Sudah berapa banyak instansi pemerintah yang terhubung dengan LAPOR!?
  • LAPOR! telah terhubung dengan 64 Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian. LAPOR! juga telah terhubung dengan 1 Pemerintah Daerah, yaitu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. LAPOR! akan terus meningkatkan keterhubungan dengan Pemerintah Daerah lainnya di Indonesia.
    Untuk laporan pengguna di mana substansinya merupakan kewenangan instansi pemerintah yang belum terhubung dengan LAPOR!, tindak lanjutnya akan ditunda dan laporan akan disimpan hingga terdapat keterhubungan dengan instansi pemerintah terkait.


Langkah Penggunaan LAPOR!

LANGKAH PENGGUNAAN

Pembuatan Akun
  • Apakah saya harus memiliki akun untuk penggunaan LAPOR!?
  • Untuk dapat melihat dan membaca daftar laporan yang tidak dirahasiakan pada situs web http://lapor.ukp.go.id, pengguna tidak harus memiliki akun di dalam LAPOR!. Namun kepemilikan akun diharuskan apabila pengguna ingin mengirim laporan, ataupun memberikan komentar dan dukungan terhadap laporan pengguna lain.
    Untuk penggunaan LAPOR! melalui SMS 1708, pengguna tidak harus memiliki akun di dalam LAPOR!.
    Untuk penggunaan LAPOR! melalui mobile applications, pengguna harus memiliki akun di dalam LAPOR!.
  • Apakah terdapat persyaratan khusus untuk memiliki akun di dalam LAPOR!?
  • Tidak ada persyaratan khusus untuk memiliki akun dalam aplikasi LAPOR!. Aplikasi ini terbuka bagi siapapun yang ingin melaporkan aspirasi dan pengaduan tentang penyelenggaraan pembangunan dan layanan publik di Indonesia.
  • Bagaimana saya dapat mendaftarkan akun baru dalam situs web LAPOR!?
  • Opsi satu (membuat akun baru): Halaman profile pengguna lapor
    • Isi formulir yang terdapat pada bagian kanan di halaman depan situs web http://lapor.ukp.go.id dengan data email, nama lengkap dan password yang diinginkan. Setelah terisi lengkap, klik tombol "Daftar LAPOR!",
    • Email aktivasi akun akan dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan. Klik tautan yang terdapat dalam email tersebut untuk mengaktivasi akun,
    • Halaman profile pengguna lapor
    • Log in melalui halaman depan situs web http://lapor.ukp.go.id,
    • Masuk ke dalam halaman "Profil Saya" di sebelah kanan dan isi data diri pengguna secara lengkap.

    Opsi dua (melalui akun Facebook atau Twitter tanpa membuat akun baru):
    • Klik tombol bertuliskan "Facebook" atau "Twitter" melalui akun Facebook atau Twitter tanpa membuat akun baru yang terdapat pada bagian kanan di halaman depan situs web http://lapor.ukp.go.id,
    • Ikuti petunjuk yang disediakan oleh Facebook atau Twitter.
  • Apakah saya harus memiliki akun sebelum mengirimkan laporan melalui SMS 1708?
  • Tidak. Akun baru akan terdaftar secara otomatis menggunakan nomor telepon seluler pengguna, ketika pengguna mengirimkan laporan melalui SMS 1708. Untuk penggunaan LAPOR! selanjutnya melalui situs web http://lapor.ukp.go.id, pengguna akan dikirimkan password melalui SMS notifikasi ketika laporan telah disahkan.
    Pengguna dapat melakukan integrasi akun yang menggunakan nomor telepon seluler dengan alamat email dengan cara:
    Apakah saya harus memiliki akun sebelum mengirimkan laporan melalui SMS 1708
    • Log in melalui halaman depan situs web http://lapor.ukp.go.id menggunakan nomor telepon seluler di tambah dengan kode negara (62) dan password yang didapatkan melalui SMS notifikasi,
    • Isi formulir yang terdapat di halaman beranda dengan data email dan nama lengkap.
  • Apakah saya dapat menggunakan nama samaran dalam LAPOR!?
  • Tidak. Pengguna harus mendaftarkan nama asli sesuai kartu identitas (KTP/SIM/Paspor) di dalam LAPOR!. Jika pengguna ingin melaporkan aspirasi ataupun pengaduan tanpa nama dapat diketahui oleh pengguna lain maupun instansi pemerintah terlapor, maka pengguna dapat menggunakan fitur anonim ketika melapor.
  • Apakah data pribadi saya akan dirahasiakan oleh LAPOR!?
  • Ya. Data kontak pengguna akan dirahasiakan oleh LAPOR! dari pengguna lainnya maupun dari instansi pemerintah terlapor. Jika pengguna mengirimkan laporan melalui SMS 1708, maka empat digit belakang pada nomor telepon seluler pengguna akan disembunyikan. Jika pengguna mengirimkan laporan melalui situs web http://lapor.ukp.go.id, maka akan muncul nama pengguna, namun alamat email pengguna akan disembunyikan. Data kontak pengguna dapat LAPOR! berikan kepada instansi pemerintah terlapor hanya untuk kepentingan pendalaman materi laporan.
  • Bagaimana saya dapat melakukan log in di situs web LAPOR!?
  • Bagaimana saya dapat melakukan log in di situs web LAPOR!
    • Masuk ke halaman depan situs web http://lapor.ukp.go.id,
    • Isi data email atau nomor telepon seluler menggunakan kode negara (62) di depan, serta password di bagian atas halaman tersebut.
  • Bagaimana saya dapat mengubah data akun saya di LAPOR!?
  • Bagaimana saya dapat mengubah data akun saya di LAPOR!? Pengguna dapat memperbaharui data pribadi melalui halaman "Profil Saya" di sebelah kanan atas situs web http://lapor.ukp.go.id.
Pengiriman Laporan
  • Laporan seperti apa yang dapat saya kirimkan kepada LAPOR!?
  • Pengguna dapat melaporkan aspirasi maupun pengaduan yang berhubungan dengan pembangunan nasional dan/atau layanan publik yang merupakan kewenangan instansi pemerintah Republik Indonesia.

    LAPOR! tidak dapat menerima laporan yang mengandung caci maki, ancaman, unsur kekerasan, menyinggung suku, agama, ras dan golongan (SARA) ataupun mengandung unsur pornografi.
  • Bagaimana saya dapat mengirimkan laporan melalui situs web LAPOR!?
    • Bagaimana saya dapat mengirimkan laporan melalui situs web LAPOR
    • Log in melalui halaman depan situs web http://lapor.ukp.go.id,
    • Pada bagian "Ajukan Laporan Anda:", tuliskan isi laporan pada kolom putih bertuliskan "Apa Laporan Anda ?",
    • Bagaimana saya dapat mengirimkan laporan melalui situs web LAPOR
    • Pilih kategori laporan yang sesuai dengan laporan pengguna melalui menu "Pilih Kategori Laporan",
    • Klik tombol merah bertuliskan "LAPOR!" di bagian bawah bagian "Ajukan Laporan Anda:".
  • Apakah saya dapat menyertakan lampiran pendukung pada laporan saya?
  • Apakah saya dapat menyertakan lampiran pendukung pada laporan saya? Ya. Anda dapat menyertakan lampiran pendukung seperti foto atau dokumen lainnya dalam bentuk softcopy melalui klik tombol "Unggah Data Pendukung" di bawah kolom "Apa Laporan Anda ?". Besar maksimal untuk setiap lampiran adalah 8 MB.
  • Apakah saya dapat merahasiakan laporan yang saya kirimkan?
  • Ya. Pengguna dapat menggunakan salah satu maupun kedua fitur anonim dan fitur rahasia. Fitur "Anonim" dapat digunakan apabila pengguna tidak ingin namanya terlihat dalam laporan oleh pengguna lainnya maupun oleh instansi pemerintah terlapor. Fitur "Rahasia" dapat digunakan apabila pengguna tidak ingin laporannya terlihat oleh pengguna lain selain instansi pemerintah terlapor dan administrator LAPOR!. Apakah saya dapat merahasiakan laporan yang saya kirimkan
    Pengguna dapat menggunakan kedua fitur tersebut apabila ingin laporan dan nama tidak terlihat. Dalam beberapa macam substansi laporan di mana keamanan dan kenyamanan pelapor dapat terganggu, administrator LAPOR! akan mengaktifkan salah satu atau kedua fitur ini tanpa permintaan pelapor. Pengguna dapat memberikan centang pada kotak pilihan fitur yang ada di bawah kolom "Apa Laporan Anda ?" untuk mengaktifkan fitur ini.
  • Apakah saya dapat mengirimkan laporan yang sama lebih dari dua kali?
  • Tidak. Jika terdapat dua atau lebih laporan dengan substansi yang sama yang berasal dari seorang pengguna, maka administrator LAPOR! hanya akan memverifikasi laporan dengan materi yang lebih lengkap. Pengguna juga diharapkan dapat mengirimkan laporan yang sudah lengkap dan jelas dalam satu kali pengiriman laporan.
  • Apakah saya dapat mengirimkan laporan mengenai masalah yang dialami oleh pihak lain?
  • Tidak. LAPOR! ingin memastikan bahwa laporan yang dikirimkan berpotensi untuk ditindaklanjuti hingga tuntas. Oleh karena itu laporan yang dikirimkan harus berisi substansi yang dialami oleh pengguna sendiri. Terkecuali dalam situasi di mana pihak yang mengalami substansi laporan memiliki keterbatasan sehingga tidak mampu mengirimkan laporannya sendiri. Untuk hal tersebut diharapkan pengguna yang melaporkan dapat memberikan alasan sesuai dengan persyaratan di atas.
  • Apakah saya dapat mengirimkan salinan tulisan/artikel dari sumber lain sebagai isi laporan saya?
  • Tidak. Substansi laporan yang dikirimkan haruslah dialami sendiri oleh pengguna dan dituliskan secara kronologis dengan jelas dan lengkap. Sumber lain dapat dimasukkan dalam bentuk lampiran pendukung dan disertakan ketika dibutuhkan.
  • Apakah saya dapat menuliskan laporan saya dalam sebuah dokumen yang saya unggah?
  • Tidak. Pengguna harus menuliskan substansi laporan pada kolom "Apa laporan Anda ?" dengan lengkap dan jelas. Substansi dalam sebuah dokumen hanya digunakan sebagai lampiran pendukung.
  • Apakah saya dapat melaporkan aspirasi dalam bentuk saran, opini atau kritik dalam LAPOR!?
  • Ya. Laporan dalam bentuk aspirasi tidak akan kami munculkan di halaman beranda, kecuali aspirasi tersebut disertai dengan analisa mendalam. Aspirasi yang bersifat umum dan singkat akan kami arsipkan dalam bentuk analisa kolektif untuk disampaikan langsung kepada instansi pemerintah terkait.
  • Apakah saya dapat mengirimkan laporan di halaman "kontak kami" atau alamat email LAPOR!?
  • Tidak. Tim LAPOR! hanya dapat memverifikasi laporan dan meneruskan kepada instansi pemerintah terkait apabila laporan dikirimkan melalui situs web http://lapor.ukp.go.id, SMS 1708 atau mobile applications LAPOR!.
  • Bahasa apa yang harus digunakan dalam LAPOR!?
  • LAPOR! adalah layanan partisipasi masyarakat secara nasional, sehingga hanya menggunakan Bahasa Indonesia. Pengguna dianjurkan untuk memakai Bahasa Indonesia yang baik dan benar, agar laporan dapat dimengerti dengan baik. Hal ini termasuk penggunaan ejaan yang disempurnakan pada kata-kata, struktur kalimat, tanda baca serta penjelasan atas singkatan yang digunakan.
  • Apa saja informasi yang harus saya sampaikan saat mengirimkan laporan?
  • LAPOR! beserta instansi pemerintah hanya dapat menindaklanjuti laporan yang jelas dan lengkap informasinya. Pengguna diharapkan dapat menjelaskan laporan berdasarkan pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, berapa dan bagaimana secara lengkap dan kronologis.
  • Bagaimana jika informasi dalam laporan saya tidak lengkap?
  • Jika maksud daripada laporan masih jelas dan dapat didalami lebih lanjut, administrator LAPOR! akan menanyakan informasi tambahan yang diperlukan melalui SMS atau email kepada pengguna. Proses verifikasi dan tindak lanjut bergantung pada kerja sama dan kesediaan pengguna dalam menyediakan informasi tambahan.
  • Adakah format khusus dalam menyediakan informasi tambahan kepada administrator LAPOR!?
  • Tidak. Pengguna dapat membalas SMS atau email yang dikirimkan oleh administrator LAPOR! tanpa menggunakan format tertentu. Dalam hal membalas SMS atau email kepada administrator LAPOR!, pengguna diharuskan untuk membalas secara langsung (tidak memberikan laporan baru), serta menggunakan nomor telepon seluler atau alamat email yang sama dengan yang digunakan ketika mengirimkan laporan. Sehingga pelacakan kepemilikan informasi tambahan dapat dilakukan dengan mudah.
  • Mengapa saya tidak dapat menemukan laporan saya saat log in di situs web LAPOR!?
  • Pengguna tidak dapat menemukan laporannya pada situs web LAPOR! apabila laporan telah diarsipkan oleh administrator LAPOR!. Jenis-jenis laporan yang akan diarsipkan adalah laporan-laporan sebagai berikut:

    1. Laporan berisi saran atau masukan kepada pemerintah yang bersifat umum,
    2. Laporan tidak jelas, tidak lengkap dan tidak dapat dimengerti,
    3. Laporan berulang dengan substansi yang sudah pernah dikirim sebelumnya dari pengguna yang sama,
    4. Laporan dengan substansi yang dilarang seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

    Alasan pengarsipan secara rinci dapat diminta kepada administrator LAPOR! melalui halaman Kontak Kami.
Pemantauan Tindak Lanjut
  • Apa yang akan terjadi setelah saya mengirimkan laporan di LAPOR!?
  • Laporan yang telah dikirimkan akan melalui proses verifikasi oleh administrator LAPOR!. Apabila laporan sudah disertai dengan informasi yang lengkap dan jelas, maka laporan akan disahkan dan diteruskan sesuai dengan keterhubungan LAPOR! dengan instansi pemerintah terkait.

    Namun apabila laporan yang dikirimkan tidak disertai dengan informasi yang lengkap, maka administrator LAPOR! akan meminta pengguna untuk menambahkan informasi melalui SMS atau email. Laporan akan disahkan dan diteruskan setelah informasi tambahan yang dibutuhkan oleh administrator LAPOR! telah dipenuhi.
    Laporan berisi substansi yang tidak sesuai akan diarsipkan. Tindak lanjut laporan Setelah disahkan dan diteruskan, laporan akan dimunculkan dalam situs web LAPOR!. Pengguna dapat melakukan pemantauan perkembangan tindak lanjut laporan, sekaligus berinteraksi dengan instansi pemerintah terlapor dengan menuliskan pesan dalam kolom "Tindak Lanjut" pada halaman tindak lanjut laporan.
  • Bagaimana saya dapat menemukan laporan-laporan yang telah saya kirimkan di LAPOR!?
  • menemukan laporan-laporan yang telah saya kirimkan di LAPOR! menemukan laporan-laporan yang telah saya kirimkan di LAPOR!
    Pengguna dapat menemukan daftar laporan yang telah diberikan di halaman "Laporan Saya" pada situs web http://lapor.ukp.go.id, atau dengan mengakses tautan halaman tindak lanjut laporan yang tersedia pada notifikasi email atau notifikasi SMS yang dikirimkan oleh LAPOR!. Selain itu pengguna dapat melacak laporan yang dikirimkan dengan memasukkan tracking ID di halaman depan situs web LAPOR!.
  • Apakah saya dapat mengetahui ketika laporan saya telah disahkan atau ditindaklanjuti?
  • mengetahui ketika laporan saya telah disahkan atau ditindaklanjuti
    Pengguna akan mendapatkan notifikasi melalui email ataupun SMS (bergantung pada media yang digunakan olegh pengguna), apabila terdapat aktivitas pada laporannya, termasuk ketika laporan telah disahkan oleh administrator LAPOR! ataupun ditindaklanjuti oleh instansi pemerintah terlapor.
  • Apakah saya dapat memberikan respon balik setelah mendapatkan tindak lanjut atas laporan saya?
  • memberikan respon balik setelah mendapatkan tindak lanjut atas laporan saya
    Pengguna dapat menambahkan respon balik atau tindak lanjut pada halaman tindak lanjut laporan dalam situs web LAPOR! dengan mengisi kolom "Tindak Lanjut" yang disediakan.

    Jika menggunakan SMS, pengguna dapat mengirimkan respon balik atau tindak lanjut dengan mengirimkan SMS balasan dengan format balasan yang diinstruksikan. Pengguna harus memastikan untuk mengikuti instruksi secara benar agar tidak terjadi kegagalan dalam proses respon balik atau memberikan tindak lanjut. Pengguna tidak perlu mengirimkan laporan baru untuk berinteraksi dengan instansi pemerintah terkait dengan laporan yang dikirimkan selama laporan belum berstatus selesai.
  • Mengapa laporan saya berstatus selesai?
  • Setiap laporan akan berstatus selesai secara otomatis, di mana tidak ada lagi tindak lanjut atas laporan di dalam LAPOR!, apabila telah terdapat tindak lanjut dari instansi pemerintah terlapor dan pelapor tidak memberikan respon balik atau tindak lanjut dalam waktu 10 hari kerja. Agar laporan tidak berstatus selesai secara otomatis, dianjurkan bagi pengguna untuk memberikan respon balik atau tindak lanjut melalui halaman tindak lanjut laporan.
Aktivitas Lainnya
  • Apa perbedaan antara "Tindak Lanjut Laporan" dengan "Komentar Publik"?
  • Apa perbedaan antara "Tindak Lanjut Laporan" dengan Komentar Publik Kolom "Tindak Lanjut Laporan" adalah kolom yang diperuntukkan bagi interaksi antara pelapor dan instansi pemerintah terlapor. Sedangkan kolom "Komentar Publik" adalah kolom yang diperuntukkan bagi masyarakat umum dalam menyampaikan komentarnya berkenaan dengan laporan yang bersangkutan.
  • Apakah saya dapat memberikan komentar untuk laporan yang dikirim oleh pelapor lain?
  • Ya. Pengguna dapat memberikan komentar pada laporan yang dikirimkan oleh pengguna lain melalui kolom "Tulis Komentar" di bawah laporan di halaman beranda maupun di halaman tindak lanjut laporan.
  • Apa fungsi dari tombol "Dukung"?
  • Tombol "Dukung" Dukung Laporan di halaman beranda maupun di halaman tindak lanjut laporan memungkinkan pengguna untuk memberikan dukungan pada laporan-laporan yang ada dalam situs web LAPOR!. Dukungan dapat diberikan pada laporan sendiri maupun laporan dari pengguna lain.
  • Apa fungsi dari tombol "Tweet"?
  • Tombol "Tweet" Tweet Laporan di halaman beranda maupun di halaman tindak lanjut laporan memungkinkan pengguna untuk menyebarkan judul dan tautan laporan melalui akun Twitter pengguna.
  • Apa fungsi dari tombol "Share"?
  • Tombol "Share" Share Laporan di halaman beranda maupun di halaman tindak lanjut laporan memungkinkan pengguna untuk menyebarkan judul dan tautan laporan melalui Facebook pengguna.
  • Apa fungsi dari tombol "Email"?
  • Tombol "Email" Email Laporan di halaman tindak lanjut laporan memungkinkan pengguna untuk menyebarkan tautan laporan melalui email pengguna.
  • Apa fungsi dari tombol "Print"?
  • Tombol "Print" Print Cetak Laporan di halaman tindak lanjut laporan memungkinkan pengguna untuk mencetak isi halaman tindak lanjut laporan.
  • Apa fungsi dari tombol "Subscribe"?
  • Tombol "Subscribe" Subscribe Laporan di halaman tindak lanjut laporan memungkinkan pengguna untuk berlanggan notifikasi melalui email apabila terdapat aktivitas tindak lanjut yang diberikan untuk laporan yang bersangkutan. Pengguna dapat menekan tombol "Unsubscribe" UNSubscribe Laporan untuk berhenti berlangganan. Pengguna tidak perlu menggunakan fitur "Subscribe" untuk laporannya sendiri, karena akan mendapatkan notifikasi secara otomatis.
  • Apa fungsi dari tanda bintang pada setiap tindak lanjut atau komentar?
  • Tanda bintang Rating Laporan Rating Laporan merupakan fitur rating yang memungkinkan pengguna untuk memberikan penilaian terhadap kualitas dari setiap tindak lanjut atau komentar yang ada dalam situs web LAPOR!.
  • Apa fungsi dari tombol "Report"?
  • Tombol "Report" Report Laporan pada setiap tindak lanjut atau komentar memungkinkan pengguna untuk melaporkan kepada administrator LAPOR! agar dapat dimoderasi karena memenuhi salah satu karakteristik moderasi sebagai berikut:

    1. Spam (substansi tidak relevan yang dikirim berkali-kali)
    2. Penyerangan pribadi
    3. Ancaman
    4. Penyerangan SARA
    5. Penipuan
    6. Pornografi
    7. Kemungkinan pembajakan
    8. Hal-hal lainnya yang dirasa wajib diberitahukan kepada administrator LAPOR!

  • Apa yang dapat saya lakukan apabila terdapat masalah teknis dalam situs web LAPOR!?
  • Pengguna dapat menggunakan halaman Laporkan Bug/Error jika mengetahui secara teknis apa yang terjadi. Pengguna juga dapat memberitahukan permasalahan teknis pada situs web LAPOR! melalui halaman Kontak Kami.




Untuk mengetahui lebih lanjut tentang LAPOR!, kunjungi juga: tentang lapor!

TENTANG LAPOR! & INFOGRAFIS LAPOR!
Kisah sukses lapor

KISAH SUKSES LAPOR!